Apa yang Dimaksud dengan Keamanan Data? - Salogy
News Update
Loading...

Sabtu, 20 Oktober 2018

Apa yang Dimaksud dengan Keamanan Data?

Dalam dunia teknologi, keamanan data adalah proses melindungi informasi dan infrastruktur, dengan menghindari akses orang asing ataupun penyalahgunaan informasi. Keamanan data bertujuan melindungi komputer, ponsel, jaringan, informasi. Selain bentuk fisik, keamanan data mengacu pada keamanan jaringan seperti internet. Dengan jutaan orang menggunakan Internet serta berbagai macam perangkat saling terhubung satu sama lainnya melalui berbagai layanan seperti iCloud, WhatsApp dll.

Internet telah menjadi momok bagi sejumlah masalah keamanan. Keamanan komputer adalah masalah serius bagi semua orang pengakses internet. Keamanan informasi / keamanan komputer adalah tanggung jawab bagi semuanya. Bahkan jika pengguna tidak memiliki informasi berharga di komputer mereka, tetap penting menerapkan langkah-langkah keamanan seperti mengaktifkan firewall, antivirus.

Baca Juga : Pentingnya Keamanan Data di Era Sosial Media

Selain mencuri informasi, hacker berusaha membajak komputer. Komputer telah dibajak kemudian dipasang software jahat pada sistem mereka, lalu digunakan dari jarak jauh oleh hacker kemudian menyerang komputer lain.

Dalam beberapa kasus, hacker dapat mencuri informasi kartu kredit korban. Dengan tidak adanya keamanan di komputer, maka korban secara tidak sadar memberikan akses bagi hacker masuk ke sistem. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pengguna sudah familiar dan up to date berbagai jenis ancaman keamanan komputer, sehingga dapat segera menanganinya secara benar.

Mengapa Kita Perlu Keamanan Data?

Program berbahaya seperti virus, worm, spyware sering menginfeksi komputer. Program ini tidak hanya mengurangi kinerja sistem tetapi menimbulkan ancaman keamanan karena dapat menyebabkan kerusakan parah pada komputer. Komputer di rumah adalah target paling mudah para cyber crime karena lebih mudah ditembus dari pada perusahaan/lembaga mana pun. 

Seperti dibahas sebelumnya, selain informasi, cyber crime juga mencari sumber daya komputer dengan prosesor cepat. Semakin baik kinerja komputer, semakin mudah menggunakannya. Dalam kasus seperti itu, komputer terinfeksi virus disebut komputer zombie oleh cyber crime. Semakin sulit melacak dan menangkap cyber crime jika setiap zombie terus bertambah ke dalam penyerangan. 


Oleh karena itu, bahkan jika pengguna komputer tidak memiliki informasi sensitif pada komputer mereka, ia harus memperhatikan keamanan komputer dengan sangat serius. Keamanan fisik itu menjadi perhatian utama. Karena statistik yang dibahas sebelumnya mengungkapkan bahwa kehilangan / pencurian media seperti laptop dan smartphone adalah tertinggi di antara semuanya. Karena pelanggaran keamanan fisik adalah tertinggi, maka harus berhati-hati dalam mengamankan gadget.


Image : blog.eikontechnology

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done