Tips Menghindari Serangan Hacker dari Para Ahli! - Salogy
News Update
Loading...

Senin, 17 September 2018

Tips Menghindari Serangan Hacker dari Para Ahli!

Ada perang terjadi setiap hari dalam dunia maya, perang antara perusahaan berusaha melayani pelanggannya dan para hacker berusaha mengambil data pelanggan mereka. Data ini digunakan untuk berbagai macam misalnya, penipuan hingga dijualnya data pelanggan ke perusahaan lain. Serangan hacker juga bisa datang dari sesuatu hal simple, misalnya WiFi gratisan dimanapun tempat  kalian datangi.

Berikut ini adalah lima  tips bisa anda aplikasikan agar mencegah ataupun bertahan dari serangan hacker, yaitu :
  1. Jangan Gunakan Password Mudah Ditebak
  2. Kesalahan umum dilakukan banyak orang adalah menggunakan password lemah. Mungkin kalau hanya menggunakan login ke akun sosial media maka engga terlalu masalah. Namun hindari penggunaan password terlalu lemah, entah berisi nama ataupun tanggal ulang tahun. Password  sebaiknya tidak selalu harus panjang, tetapi sederhanapun bisa asalkan terdiri dari beberapa kombinasi. Kombinasikan huruf, angka dan simbol agar mempersulit hacker.
  1. Mengaktifkan Software Updates Secara Otomatis
  2. Fungsi software terupdates ialah karena dalam updetanya diberikan oleh developer seringkali berisi hal-hal penting baru saja ditemukan sehingga dapat memperbaiki sistem. Misalnya celah dalam sistem baru ditemukan, semuanya dibetulkan lewat updates tersebut. Kalau anda tidak meng-updates software, maka hacker akan mudah masuk lewat celah-celah yang ada.
    Baca Juga : Tips Aman Internetan Menggunakan Hotspot Publik
  1. Berhati-hatilah saat Membuka E-mail Terutama Sifatnya Spam
  2. Email tetap merupakan strategi umum bagi hacker untuk menyerang pengguna agar mengklik tautan atau mengunduh file memungkinkan mereka mendapatkan akses ke informasi private, entah itu menginstal ransomware, malware atau bahkan mengendalikan sistem sepenuhnya. Email ini dibuat agar terlihat seperti pesan resmi dan dapat meniru perusahaan atau merek nasional. Ketika kamu memperhatikan lebih seksama, maka akan ada kecurigaan atau kejanggalan menunjukkan kalau email itu tidak asli.  
  1. Pilih Gadget Keamanan Tinggi
  2. Semakin tua sebuah gadget, sistem keamanannya tentu akan semakin kurang baik karena tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Kalau kamu benar-benar khawatir tentang keamanan, gunakanlah gadget seperti Chromebook, iPad atau Windows 10. Gadget tersebut masing-masing dilengkapi keamanan kuat serta dibangun secara berkelanjutan sehingga menempatkan kita selalu berada didepan dari para hacker.
    Baca Juga : Apa Standar Keamanan WiFi Terbaru 2019?
  1. Pakai Virtual Private Network (VPN).
  2. Banyak pengguna suka menghemat kuota internet mereka. Akhirnya mereka sering mencari akses Wi-Fi umum gratisan untuk dapat terhubung ke internet. Berhati-hatilah menggunakan akses Wi-Fi publik bandara, restoran atau dimanapun. Kalau bisa hindari sebisa mungkin memakai hotspot publik. Kalau kamu terpaksa menggunakan hotspot gratis, saya sarankan gunakanlah virtual private network (VPN) akan memastikan lalu lintasmu dienkripsi dan tidak mudah terbaca oleh para hacker.
Di zaman sekarang ini, sangat mustahil tidak terhubung ke internet. Namun, 5 tips keamanan diatas, kamu dapat internetan aman dan pikiran tenang. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menyiapkan gadgetmu menghindari identitas dicuri, email diretas, foto sensitif diambil dan informasi lainnya.


Image Credit : luno

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done