Apa Gunanya Smartphone yang di Lengkapi Artificial Intelligence? - Salogy
News Update
Loading...

Kamis, 06 September 2018

Apa Gunanya Smartphone yang di Lengkapi Artificial Intelligence?

Smartphone yang di Lengkapi Artificial Intelligence
Beberapa lini smartphone yang dirilis tahun 2018 telah dipercanggih oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence ( AI) pada hardware dan software-nya.  Sebut saja deretan flagship di berbagai brand ternama seperti Samsung, Google, Huawei, iPhone dll. Beberapa teknologi AI banyak tersemat di smartphone keluaran tahun 2018 ini memiliki fitur seperti facial recognition biometrics, augmented reality, machine learning, virtual reality, voice assistant dll.

Baca Juga : Artificial Intelligence Pembasmi Pornografi

Lalu, apa fungsi AI yang ada di smartphone? inilah rangkum lima kecanggihan AI di smartphone, dilansir dari Gadgets Now, Jumat (2/3/2018).
  1. Kamera Ponsel Lebih Baik Mendeteksi Obyek.
  2. Hadirnya Artificial Intelligence di kamera smartphone semakin membuat berbagai inovasi yang menggeliat tiap tahunnya. Dengan hadirnya Artificial Intelligence, kamera smartphone dapat mendeteksi obyek dalam frame foto, baik itu pemandangan yang diambil secara landscape atau obyek bunga dengan detail yang tajam. Dengan adanya AI juga dapat meningkatkan kualitas foto bokeh pada smartphone, sebelumnya hanya bisa dihasilkan melalui kamera digital. Sistem AI pun bisa mengenal wajah penggunanya dengan teknologi facial recognition.
  1. Penerjemah Real-time Tanpa Internet.
  2. Beberapa aplikasi translet dapat menerjemahkan teks, gambar, video, maupun suara secara real-time atau saat itu juga, meskipun masih harus didukung dengan koneksi internet tetapi dengan adanya AI proses penerjemahan akan bisa dilakukan secara offline. Seperti yang dilakukan aplikasi iTranslate yang dapat menerjemahkan langsung ke dalam beberapa bahasa tertentu.
  1. Membantu Tugas Harian.
  2. Sistem AI dibuat untuk dapat belajar dan beradaptasi setiap kali akan digunakan. AI di dalam smartphone akan mempelajari pola pemakaian yang digunakan oleh pemiliknya, kemudian akan di aplikasikan dalam penggunaan sehari-hari. Misalnya, seperti menon-aktifkan nada dering, mengaktifkan bluetooth, atau menutup aplikasi yang jarang digunakan.
  1. Pemindai Wajah.
  2. Ketika pertama kali diluncurkan oleh Apple, teknologi Face ID di iPhone X menimbulkan skeptisme. Khususnya bagi iPhone lovers yang merasa lebih aman menggunakan Touch ID. Apple pun berpendapat jika Face ID di iPhone X dapat memindai dengan kamera "TrueDepth" yang menggunakan 30.000 titik infra merah serta gambar infra merah 2D untuk memetakan kontur wajah.  Teknologi ini juga hadir di beberapa vendor smartphone lain dengan nama yang berbeda-beda.
  1. Voice Assistant.
  2. Beberapa asisten digital yang dapat menerima perintah suara, sudah banyak bermunculan di beberapa smartphone flagship seperti Siri, Cortana, Bixby, Alexa, dan Google Assistant. Asisten digital mampu merespon suara untuk melakukan beberapa tugas seperti menjawab pesan singkat, memutarkan lagu, atau membacakan isi berita dll. Dilansir dari The Next Web, teknologi Artificial Intelligence di voice assistant akan menjadi tren yang tak terbantahkan sepanjang 2018. 

Image Credit : cnet.com

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done