Kenapa Harus Ada Kuota Internet? - Salogy
News Update
Loading...

Selasa, 04 September 2018

Kenapa Harus Ada Kuota Internet?

Kenapa Harus Ada Kuota Internet?
Seiring semakin majunya teknologi yang berkembang bukan hanya pada gadget tetapi juga semakin banyak penggunanya dan juga insfrastruktur pendukung itu sendiri. Jika dulu saat masih jamannya featured phone kita cukup dengan menggunakan pulsa untuk berkomunikasi, sekarang kita masuk ke era smathphone yang segalanya menggunakan kuota internet. Ditengah banyaknya paket intertnet berbasis kuota, mungkin beberapa di antra kalian ada pertanyaan mendasar tentang apa itu kuota dan kenapa ada kuota dalam paket internet. Jika kalian memang pernah bertanya kenapa harus ada kuota, maka gw akan coba menjelaskan alasanya...

Apa itu Kuota? 
Arti kuota sebenarnya mengacu pada arti umum, yakni jatah, batasan atau jumlah yang ditentukan. Kuota dalam paket internetpun mengacu pada batasan banyaknya data yang bisa kalian gunakan untuk proses upload dan donload. Jika kuota habis maka koneksi internet akan terputus dan pelanggan harus mengisi lagi dengan kuota tambahan atau membeli paket kuota yang baru. Lalu, mungkin kalian pernah ada pertanyaan kenapa ada kuota? kenapa engga dibuat unlimited aja? jadi bisa internetan kapanpun dengan bebas tanpa khawatir kuota akan habis. Ada beberapa alasan kenapa ada kuota dalam internet.

Agar Bisa Mengontrol Pengeluaran Uang.
Harusnya gw dan kalian berterima kasih dengan adanya kuota internet, karena kita jadi tahu banyaknya data yang kita pakai di smartphone. Misalnya gw membeli kuota internet 10gb, lalu habis dalam 1 bulan padahal masa berlakunya sampai 3 bulan, nah dari sini seharusnya gw bertanya pada diri gw sendiri ngapain aja gw selama sebulan ini sampai habis paket kuota10 gb. Apakah gw sering streaming musik? streaming video? terlalu seru goggling atau sekedar eksis di instagram? akhirnya gw tau penyebabnya, jadi sebisa mungkin gw coba kurangi kebiasan yang tidak terlalu peting sekaligus mengurangi menghabiskan kuota secara cuma-cuma. Tujuanya agar pengeluaran gw tidak membengkak hanya untuk membeli kuota internet doang.

Untuk Menjadi Patokan Mengontrol Diri
selalu pantau banyaknya kuota yang kita habiskan setiap bulanya. Jika ternyata kuota internet yang kita habiskan melebihi batas kuota normal maka itu sudah jadi tanda-tanda bahwa kita kecanduan internet.

Karena Operator Juga Mencari Keuntungan
Apa kalian familiar dengan paket unlimeted? sudah pasti tentunya, jadi pernakah kalian bertanya kenapa ada kuota dalam paket unlimited? kuota dalam paket unlimited ini merupakan batasan akses internet dengan kecepatan maksimum. Jadi apabila kalian sudah menggunakan internet di atas kuota yang telah ditentukan maka kecepatan internet akan turun dengan drastis tetapi kalian tetap bisa internetan tanpa batas meskipun kecepatanya lemot. Batasan ini dekenal dengan istilah FUP (Fair Usage Policy). Sehingga wajar jika ada peraturan tersebut dan pada akhirnya mereka juga gak mau rugi.

Baca Juga : Apakah Ada Teknologi Wireless yang Lebih Cepat dari Wi-Fi?

Nah, seperti yang dijelaskan diatas, alasan kenapa ada kuota internet dan sekaligus juga menjawab pertanyaan kenapa ada kuota internet pada paket unlimited. Jadi sekarang kalian engga usah bingung lagi karena alasan kenapa ada kuota di smartphone? klo masih ada yang bingung silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar!

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done