5 Factor Penting Menjaga Data dari Cyber Crime - Salogy
News Update
Loading...

Selasa, 23 Oktober 2018

5 Factor Penting Menjaga Data dari Cyber Crime

Data, Keamanan,
Lima faktor penting menjaga keamana data yaitu confidentiality, authenticity, integrity , availability , nonrepudiation. Mari kita berkenalan dengan beberapa terminologi dasar dari keamanan data.

Confidentiality data hanya dapat diakses oleh user. Kerahasiaan data adalah salah satu lapisan pertama keamanan data. Misalnya, hanya pemegang akun bisa melihat atau mengetahui tentang datanya.

Authenticity mengacu pada kebenaran data tersebut, pastikan bahwa data tersebut belum dirusak/dirubah. Misalnya, email yang mengklaim berisi laporan rekening bank sebagai lampiran, hanya dapat berasal dari bank kamu. Pernyataan bank yang berasal dari sumber lain, meskipun mengklaim sebagai bank kamu, tidak dapat dianggap asli.

Integrity memastikan bahwa informasi itu akurat, lengkap, andal serta dalam bentuk asli. Data tidak lengkap atau rusak bisa lebih berbahaya. Bayangkan jika sebuah organisasi mentransfer gaji karyawan ke salah akun karena database korup/eror dalam menyimpan semua nomor rekening karyawan.

Availability memastikan bahwa setelah pengguna mengambil data di komputer, itu harus membuat data tersedia lagi bagi pengguna lainya ketika mereka meminta. Ketersediaan data kepada user yang berwenang, di setiap waktu adalah salah satu tujuan paling penting dari sebuah komputer.

Nonrepudiation adalah proses menjamin akurasi pengirim dengan penerima pesan. Ini juga memastikan bahwa pengirim pesan tidak menyangkal telah mengirim pesan serta penerima tidak menyangkal telah menerimanya.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done