Bagaimana Cara Menentukan Berita Hoax dan Berita Asli? - Salogy
News Update
Loading...

Senin, 03 September 2018

Bagaimana Cara Menentukan Berita Hoax dan Berita Asli?

Bagaimana Cara Menentukan Berita Hoax dan Berita Asli?
Pada saat ini ketika kita memasuki era sosial media banyak beredar berita hoax seperti timeline di media sosial maupun di berbagai sosial media lainya bahkan sebuah artikel yang di share oleh teman-teman saya. Lalu  bagaimana caranya untuk mementukan mana berita hoax dan mana yang berita asli?

Kejengahan yang kita rasakan juga dirasakan oleh masyarakat dunia. Kalau kita perhatikan, isi timeline di media sosial belakangan ini memang semakin sering dipenuhi oleh artikel hoax, artikel yang bernada provokasi dan menyudutkan seseorang/golongan tertentu.

Untuk membasmi konten-konten bernada negatif yang beredar di internet tentu tidak mudah. Pepatah mengatakan "mati satu tumbuh seribu", meski pemerintah berupaya memblokir situs-situs yang dianggap negatif atau provokatif setiap harinya ada banyak situs sejenis yang lahir. Memblokir bukanlah solusi yang efektif.

Perlu diketahui bahwa meskipun separuh jumlah penduduk indonesia sudah menggunakan internet, namun tingkat literasi media sosial di indonesia masih sangat rendah. Artinya, masih banyak warganet indonesia yang belum mampu untuk  memahami, menganalisis dan mengevaluasi informasi atau pesen-pesan yang beredar di media sosial.

Kembali ke pertanyaan di atas, bagaimana cara menentukan mana berita hoax dan mana berita asli?
  1. Cek URL situsnya, sebuah instansi resmi tidak akan menggunakan layanan abal-abal. Nama situsnya juga harus diperhatikan, tidak sedikit berita hoax yang beredar menggunakan situs yang namanya mirip dengan nama media yang kredibel karena itu jangan mudah tekecoh.
  1. Jangan malas melakkukan cross check tentang kebenaran dari sebuah informasi yang beredar di sosial media. Kalau perlu lakukan riset kecil-kecilan ke berbagai situs lain yang kredibel. Berita-berita hoax yang beredar di internet biasanya cenderung bernada provokatif atau kontroversial tujuanya memang untuk menggiring pandangan  bahkan memancing emosi pembacanya. Jika anda bijak, anda tentu tidak akan mudah terpancing isi berita tersebut.
  1.  Kalau masih belum yakin tentang kebenaran dari sebuah artikel, cobalah gunakan logika atau akal sehat tanyakan pada diri sendiri apakan informasi tersebut bermanfaat jika disebar atau justru dapat merugikan orang, golongan tertentu dan bahkan mungkin memecah persatuan.
Perlu diketahui, saati ini ada banyak sekali berita yang sengaja dibuat agar menjadi viral di internet atau sosial media, tujuanya semata-mata hanya karena uang. Pelaku sengaja membuat berita hoax dengan judul yang bombastis agar situsnya dikunjungi banyak orang dan ia mendapatkan uang dari iklan yang dipasang disitusnya.

Selain itu para warganet sebenarnya juga bisa membantu 'meredam' peredaran informasi-informasi negatif di intenet dengan cara memposting artikel atau informasi yang bermanfaat misalnya informasi tutorial, tips-tips, info kuliner atau info seputar dunia teknologi dll.

Bayangkan kalau semua pengguna internet di indonesia memposting informasi positif di media sosial, katakanlah satu orang memposting satu saja, maka konten-konten negatif yang ada tadinya mendominasi internet atau media sosial dengan sendirinya akan 'tetutupi' oleh informasi yang bermanfaat.


Image Credit : google.com

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done