Manfaat Sehari Puasa Gadget - Salogy
News Update
Loading...

Sabtu, 01 September 2018

Manfaat Sehari Puasa Gadget

Gawai atau yang biasa kita kenal dengan istilah gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Wikipedia

Perbedaan gadget dengan teknologi lainya adalah pembaruan/inovasi dari teknlogi sebelumnya yang dimana gadget memiliki ukuran lebih kecil, sebagai contoh :
  • Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan/inovasinya berupa laptop dan notebook. Jadi laptop dan notebook inilah yang disebut dengan gadget.
  • Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan/inovasinya berupa smartphone. Jadi smartphone ini yang dinamakan sebagai gadget.
Gadget diciptakan untuk memberi kemudahan dan membantu pekerjaan orang dalam kegiatan sehari-hari yang dimana gadget memiliki mobilitas tinggi sehingga mudah digunakan kapanpun, dimanapun dan siapapun. Tetapi jika gadget di gunakan secara berlebihan  kita tidak akan merasakan manfaatnya, apalagi sudah banyak studi kasus menyebutkan bahwa pengguna gadget seperti ponsel, laptop atau notebook dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dipakai terus-menerus.

Sebuah studi lain mengungkap bahwa tidak memakai gadget sehari saja dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Sebagaimana di lansir dari Bold Sky, kamis (30/08/2018) simak ulasanya berikut ini.


  1. Makan dengan Benar
  2. Sering kali saya, kamu dan lainnya makan sambil bermain gadget, benarkan? padahal kita sudah tahu kebiasaan itu tidak benar namun meski tau tetap saja kita masih lakukan karena terlalu asyik menggunakan gadget. Salah satu dampaknya kita bisa tersedak dan makan kita menjafi tidak teratur, jadi agar terhindar dari bahaya tersebut lebih baik letakan dulu gadget kita dan nikmati setiap moment tanpa gadget.


  3. Hubungan Menjadi Harmonis
  4. Tanpa disadari, kebiasaan membuka ponsel saat sedang kencan. berkempul dengan keluarga atau kumpul dengan teman justru membuat kita akan semakin jauh dengan orang-orang disekitar seperti pepatah mengatakan "Teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat" oleh karena itu ada baiknya mengurangi atau tidak memkai ponsel saat sedang berkumpul agar kualitas pertemuan menjadi lebih baik


  5. Mata Lebih Fresh
  6. Saat kita terlalu lama menatap layar laptop atau smartphone, otot mata lama-kelamaan akan lelah. Apalagi radiasi yang dipancarkan juga kuat. Nah, puasa gadget akan membuat mata kita lebib rileks dan segar.


  7. Hindari Infeksi Telinga
  8. Berbicara di telepon selama berjam-jam memang asyik begitu juga mendengarkan musik dari smartphone tapi kebiasaan seperti ini bikin telinga kita jadi berdengung dan panas, penggunaam earphone dalam durasi yang berlebihan bahkkan bisa mengakibatkan infeksi telinga. Jadi, untuk mengindarinya lebih baik kurang-kurangi memakai earphone.
Kesimpulanya jadi, mari kita luangkan waktu untuk sehari saja tidak menggunakan gadget dan lihat apa manfaanya yang akan terjadi pada diri kita sendiri selain yang saya sebutkan di atas semoga kecanduaan kita terhadap smartphone hilang dan kita bisa menikmati seutuhnya moment-moment dengan orang terdekat kita

Tuliskan pengalamanmu di kolom komentar tentang #seharipuasagadget agar temen-temen yang lain bisa ikut berpartisipasi dan menjadi termotivasi atas kisah menarik dari komentar anda!

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done