Bahayanya Bermain Smartphone Sebelum Tidur! - Salogy
News Update
Loading...

Senin, 14 Agustus 2017

Bahayanya Bermain Smartphone Sebelum Tidur!

Main smartphone sebelum tidur adalah kebiasaan yang sering kita lakukan. Ada saja alasan membuka smartphone sebelum tidur, entah ingin berbincang sejenak dengan kerabat di aplikasi pesan instan, browsing, atau berselancar di media sosial. Akibatnya, jadwal tidur yang seharusnya tepat waktu jadi molor akibat terlalu asyik bermain smartphone. Terlepas dari semua itu, risiko dari bermain smartphone terlalu lama sebelum tidur ternyata cukup berbahaya. Apalagi, jika pengguna melakukannya secara rutin.

Salah satu penyebab utamanya kenapa membuka layar smartphone sebelum tidur, cukup berbahaya bagi kesehatan kita tak lain akibat dari paparan cahaya biru (blue light) yang dipancarkan dari layar. Cahaya ini dapat membantu user  untuk melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Jika smartphone digunakan dalam ruangan gelap, maka cahaya biru justru tidak baik untuk kesehatan mata kita. Parahnya lagi, bisa berdampak bagi kesehatan.

Ketika kalian sedang menggunakan smartphone saat hendak tidur di malam hari, mungkin kalian pernah diberi tahu bahwa menggunakan smartphone di malam hari dapat merusak mata atau menyebabkan seseorang susah tidur?  mungkin sebagian dari kalian jadi bertanya-tanya dan maybe mengalaminya sendiri, apakah benar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kita harus memahami terlebih dahulu tentang blue light yang sering dikaitkan dengan masalah kesulitan tidur tadi.

Baca Juga : Berhenti Nonton Bokep dan Masturbasi dari Sekarang!

Blue light adalah cahaya berwarna biru yang didefinisikan sesuai dengan panjang gelombangnya. Panjang gelombang dari blue light berkisar pada angka 420-450 nm yang termasuk ke dalam cahaya dengan panjang gelombang yang tergolong pendek. Prinsipnya mata manusia mempunyai sel fotoreseptor yang sangat sensitif terhadap warna cahaya dengan panjang gelombang yang pendek, terutama warna biru dan ungu. Ketika mata kita terkena paparan blue light secara terus-terusan, pigmen yang ada pada sel fotoreseptor tadi akan terganggu sehingga menyebabkan kelelahan pada mata dan susah tidur. Blue light juga dapat menekan produksi hormon Melatonin yang merupakan hormon pengatur tidur manusia.

Ada sejumlah risiko kesehatan yang akan dialami pengguna jika terus-terusan bermain smartphone sebelum tidur setiap hari yaitu:
  1. Kelelahan Otak
    Terlalu lama bermain smartphone sebelum tidur ternyata membuat otak penggunanya kelelahan. Sebabnya, bisa saja terjadi karena durasi waktu tidur yang terpotong, akibatnya aktivitas di kemudian harinya menjadi terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja. 
     
  2. Kerusakan Mata
    Tak bisa dipungkiri, terlalu lama menatap layar smartphone pasti akan memberikan efek buruk terhadap mata. Cahaya biru dari layar smartphone akan membuat retina mata menjadi tegang. Bahkan, sejumlah peneliti dan dokter mata menyimpulkan, risiko terbesarnya terlalu lama menatap layar smartphone dapat menyebabkan katarak.   
     
  3. Depresi 
  4. Dari semua yang disebutkan dan dijelaskan di atas, risiko terberat yang dialami pengguna jika terus-terusan melakukan kebiasaan buruk ini adalah depresi. Terjadinya depresi akibat kekurangan tidur sehingga hormon melatonin akan terganggu dan merusak mood.

Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Masalah Susah Tidur Akibat Menggunakan Smartphone di Malam Hari?

Untuk mengatasi masalah susah tidur akibat menggunakan smartphone di malam hari ini sebenarnya sangat sederhana karena kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut :

  • Aktifkan blue light filter pada perangkat smartphone kalian. Blue light filter dapat mengurangi paparan blue light ke mata kalian dengan mengurangi kontras, brightness, dan intensitas dari blue light itu sendiri.
  • Cara yang paling efektif, dengan menjauhkan diri kalian dari smartphone setidaknya 45 menit hingga 1 jam sebelum tidur.
Itulah tadi penjelasan seputar pengaruh smartphone dengan kesulitan tidur manusia, semoga bermanfaat dan pastikan kalian jangan terlalu sering menggunakan smartphone ketika hendak ingin tidur, apalagi dalam kondisi gelap, karena hal tersebut dapat menyebabkan kalian susah tidur. Bahkan, pada kondisi terburuk dalam waktu jangka panjangnya, smartphone dapat memberikan paparan radiasi yang berbahaya pada kalian.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Happy Reading!
Done